15 Model Pagar Roster Minimalis Kekinian & Modern!

Selain memberikan proteksi ganda, pagar juga berfungsi sebagai pemanis rumah. Namun beberapa desain pagar justru menimbulkan kesan pengap dan sempit. Beda halnya jika Anda menggunakan pagar roster minimalis. Desainnya yang berlubang mampu memperlancar sirkulasi udara.

Sinar matahari pun bisa menembus masuk dan menerangi rumah. Bagi yang belum tahu, roster adalah dinding berlubang yang sering digunakan untuk menghiasi interior maupun eksterior rumah. Ada juga yang menggunakannya sebagai penyekat ruangan dan pagar rumah.

Karena itulah roster hadir dalam beberapa motif. Roster terbaik terbuat dari GRC, batako dan bata merah. Ketiganya dikenal mempunyai ketahanan yang kokoh. Jika ingin membuat pagar roster untuk rumah Anda, pastikan tidak melewatkan pembahasan menarik di bawah ini!

Inspirasi Pagar Roster Minimalis Tampak Depan

Pemakaian roster sebagai pagar rumah bukanlah hal yang baru, bahkan sempat menjadi tren dalam dunia arsitektur. Kunci utama yang harus Anda pegang ketika menjadikan roster sebagai pagar adalah menyusunnya secara strategis. Untuk membantu menemukan desain yang tepat, cek inspirasi berikut:

1. Pagar Roster Sebagai Sekat Teras Unik

Pagar Roster Sebagai Sekat Teras Unik

Memiliki desain yang menawan membuat roster ini dipilih sebagai dinding aksen pada teras rumah. Fungsinya untuk menghalangi panas matahari, namun terdapat sedikit celah untuk sirkulasi udara.

Model pagar roster ini bisa diaplikasikan pada rumah dengan gaya klasik, kontemporer, hingga modern. Pastikan Anda memerhatikan arah penyusunan roster apabila ingin mendapatkan pengaturan cantik seperti pada gambar.

Baca Juga:  15 Lantai Carport Minimalis Modern, Estetik Lho!

2. Pagar Roster Dua Tingkat

Pagar Roster Dua Tingkat

Rumah yang nyaman adalah rumah yang mampu memberikan privasi kepada penghuninya. Seringkali balkon rumah minim privasi, mengingat posisinya yang tinggi. Alih-alih menggunakan pagar besi yang dinilai kurang menarik, Anda bisa menggantinya dengan pagar roster minimalis.

Rongga-rongga pada roster memastikan agar rumah tetap terlihat leluasa, meski dikelilingi oleh benteng pagar ini.

3. Pagar Roster Beton Minimalis

Pagar Roster Beton Minimalis

Melalui desain roster yang cantik dan elegan, rumah Anda pastinya akan lebih hidup dan menarik. Pilih warna roster sesuai dengan warna dominan eksterior rumah. Dengan begitu, tampilan rumah menjadi semakin berkarakter.

Untuk menambah keasrian dan kesegaran, tambahkan tanaman berupa pohon dan semak-semak. Model roster ini bisa digunakan untuk rumah modern Anda.

4. Memberikan Privasi untuk Rumah Tanpa Pagar

Memberikan Privasi untuk Rumah Tanpa Pagar

Rumah tanpa pagar memang indah dan terkesan bersih. Namun ada kalanya bersantai di teras rumah terasa tidak nyaman, karena langsung terlihat oleh orang lain dari segala penjuru. Di sinilah roster hadir sebagai penyelamat.

Anda bisa menambahkan pagar roster untuk memberi penutup pada teras. Agar tampah lebih menonjol, tempel kedua sisi pagar dengan pecahan batu alam yang cantik.

5. Pagar Rumah Minimalis Batako

Pagar Rumah Minimalis Batako

Biarkan warna asli dari roster beton ini memperelok rumah bergaya minimalis. Tak perlu menambahkan cat finishing, warna roster keabuan berpadu sempurna dengan skema eksterior rumah.

Meskipun konsep pagar roster ini cukup simpel, tetap saja desainnya yang berbentuk kotak membuat kesan leluasa pada rumah. Bahkan Anda bisa menggunakannya sebagai aksen pada dinding eksterior.

6. Pagar Roster Minimalis Batu Alam

Pagar Roster Minimalis Batu Alam

Hal menarik lainnya dari roster adalah banyaknya model yang tersedia. Inspirasi ini tentunya mampu menunjang hunian berkonsep modern secara optimal. Apalagi roster motif lingkaran dengan beberapa lubang kecil di sekitarnya terlihat elegan.

Baca Juga:  15 Desain Pagar Dorong Minimalis Besi Holo Terbaik

Kombinasikan dengan pagar batu alam untuk menciptakan tampilan yang menyatu dengan desain rumah secara keseluruhan.

7. Ventilasi untuk Pagar yang Tertutup

Ventilasi untuk Pagar yang Tertutup

Dari luar memang tampak seperti rumah yang sesak, dikelilingi oleh pagar tinggi dan modelnya bertumpuk. Anda bisa menambahkan roster di tengah pagar.

Pilih warna yang kontras supaya terlihat lebih menarik. Dengan cara ini, sirkulasi udara maupun cahaya yang masuk ke dalam rumah tidak berkurang.

8. Sirkulasi Tetap Lancar Meski Pagar Tinggi

Sirkulasi Tetap Lancar Meski Pagar Tinggi

Pagar roster minimalis ini terlihat raksasa. Berkat penggunaan warna yang netral dan menyatu dengan skema eksterior rumah membuat pagar tidak terkesan menyesakkan. Untuk memaksimalkan tampilan pagar roster, Anda bisa mengelilingi pagar dengan tanaman kecil yang eksotis.

Roster bisa dilapisi cat khusus untuk melindunginya dari lumut maupun kerusakan akibat faktor cuaca lainnya.

9. Buat Pengaturan Selang-seling Agar Lebih Menarik

Buat Pengaturan Selang-seling Agar Lebih Menarik

Selain menggunakan roster dari beton, roster yang terbuat dari glassfibre reinforced concrete (GRC) ini juga akan memperindah eksterior rumah. Anda bisa menempatkan pagar roster di sekitar area taman, supaya tanaman mendapatkan asupan cahaya matahari dari segala sisi.

Roster ini disusun secara selang-seling, di mana satu sisinya dibiarkan tak dipasang roster alias kosong. Desain pagar ini menawarkan keunikan tersendiri.

10. Pagar Roster Model Bunga
Pagar Roster Model Bunga

Semakin mewah apabila Anda memilih roster dengan desain bunga 4 kelopak ini. Salah satu keunggulan dari roster ini yaitu dibuat menggunakan mesin, sehingga kualitas hasil cetakannya sempurna.

Di sisi lain, roster memiliki bobot yang ringan dan tidak mudah keropos. Anda bisa menambahkan tanaman untuk menambahkan estetika tropis yang prima.

11. Hiasi Rumah Minimalis dengan Roster

Hiasi Rumah Minimalis dengan Roster

Kini sudah banyak produsen roster yang menerima bentuk custom. Anda bisa memesan roster dengan bentuk sesuka hati dan menyesuaikannya dengan tema rumah.

Roster untuk rumah minimalis tak perlu dicat dengan warna-warna cerah, biarkan warna alaminya menjadi perhatian dari seluruh tampilan rumah.

Baca Juga:  15 Gazebo Minimalis Rumahan Dari Kayu, Unik!

12. Menjadi Aksen Pada Pagar Batu Alam

Menjadi Aksen Pada Pagar Batu Alam

Pagar batu alam selalu menjadikan rumah terlihat eksotis sekaligus hangat. Pastinya menambahkan roster siap menyempurnakan eksterior rumah secara dramatis. Di sini roster dipakai sebagai lubang ventilasi pada sela-sela pagar.

Jika pagar batu alam didominasi oleh warna yang gelap, Anda bisa mengecat roster dengan warna yang lebih pekat.

13. Roster untuk Pagar dan Dinding Rumah

Roster untuk Pagar dan Dinding Rumah

Pagar roster minimalis ini diminati oleh banyak orang berkat desain yang sederhana, namun berhasil menambah estetika rumah. Roster kerap dipuji atas kekuatannya yang tak perlu diragukan, serta kemampuannya yang kuat bila dibiarkan terpapar cuaca selama bertahun-tahun.

Jika Anda tidak mau repot, roster tidak perlu dicat. Justru roster warna keabuan ini lebih masuk dengan desain eksterior yang pucat.

14. Pagar Roster Putih untuk Tampilan Modern

Pagar Roster Putih untuk Tampilan Modern

Pilih varian roster ini apabila Anda mementingkan visualisasi pagar rumah. Memiliki tampilan berupa persegi, pagar roster ini cocok dipasang pada rumah modern dan kontemporer. Padukan dengan tembok beton pada bagian bawah supaya lebih kokoh dan tahan lama.

Agar terlihat semakin berkelas, Anda bisa menghiasi eksterior rumah dengan taman beserta tumbuhan-tumbuhan hijau. Tak lupa pasang beberapa lampu taman sebagai penerangan di malam hari.

15. Pagar Roster dengan Motif Lubang

Pagar Roster dengan Motif Lubang

Keunggulan dari roster yaitu harganya murah, anti rayap dan anti lapuk. Kebanyakan roster terbuat dari beton, karena kekuatannya lebih unggul dibandingkan roster kayu atau bata merah.

Itulah yang membuat banyak orang memilih roster beton sebagai pagar. Anda bisa menggunakan roster minimalis ini untuk meningkatkan penampilan dari rumah Japandi.

Jika dilihat secara roster individual, memang tidak ada yang menarik dari roster. Namun apabila sudah disulap menjadi pagar roster minimalis, siapa pun pastinya tertarik untuk mengaplikasikannya pada rumah.

Anda disarankan untuk menggunakan cat khusus untuk mencegah pertumbuhan lumut pada roster dan lakukan pengecatan ulang apabila warnanya mulai pudar.

Bagikan Postingan

Tinggalkan komentar